Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Kelebihan dan Kekurangan Root HP?

Selamat Sore Dimas Diajeeng  semua,

Mau berbagi info ni, di daerah Mahesadroid's lagi musim hujan ni hawanya dingin sekali, ditempat dimas diajeng semuannya lagi musim apa ni? apakah sama?

Artikel kali ini akan membahas "Pengertian , Kelebihan , dan Kekurangan Root"

Pasti teman-teman pernah atau tidak asing dengan istilah yang satu ini yaitu adalag "ROOT".

Apasi itu Root?😕😕😕😕

Root adalah proses mengizinkan ponsel, tablet an lain sebagainya yang berjalan pada sistem perasi android untuk mendapatkan kontrol yang lebih tinggi pada berbagai subsistem Android. Karena Android sendiri menggunakan kernel Linux, proses root ini memberikan akses ke dalam hak administratif seperti pada Linux atau sistem operasi yang hampir mirip atau sama dengan Linux seperti OS X atau FreeBS. .

Root pada perangkat android mempunyai kelebihan yaitu:

  • Backup dan Restore Aplikasi

salah satu supaya handphone kita tetap prima yaitu dengan reset factory,kadang kita repot dengan menginstall ulang semua aplikasi yang sudah kita install, cara yang paling ampuh adalah dengan cara membackup dan merestore dengan aplikasi titanium backup. Sayangnya Titanium backup memerlukan akses root.

  • Menghidari Wakelock
Pasti kalian  pernah dengan dengan istilah WakeLock?? 

Wakelock adalah kondisi simana sistem terbangun aplikasi-aplikasi yang berjalan di background , sehingga membuat handphone kita lambat atau berat dan juga dapat menyebabkan batrei kita boros. Nah, cara untuk mengatasi ini memerlukan Greenify. Sedangkan Greenify sendiri perlu melakukan root.

  • Kontrol Kenel dan CPU
Adanya akses Root pada handphone kalian, kalian bisa overlock pada CPU handphone kalian. Overlock adalah memaksa prosecor melakukan pekerjaan secara maksimal, sehingga handphone kalian terasa lebih cepat dan ringan.
  • Hapus Aplikasi Bawaan

Terkadang handphone memiliki aplikasi bawaan yang memenuhi memori dan ram, dengan akses root kita bisa dengan mudah menghapus aplikasi bawaan tersebut.
  • Mengedit build.prop
Memaksimalkan kinerja handphone android kita perlu mengedit file build.prop yang dapat diakses di /system/build.prop. 
Direktori ini memerlukan root untuk dapat mengaksesnya.

Root selain mempunyai kelebihan, root sendiri juga mempunyai kekurangan atau kerugian seperti:

  • Malfungsi pada Handpone kalian
sebelum melakukan rooting kalian perlu tau langkah-langkah yang benar seperti apa, apabila kalian sampai salah langkah dapat beresiko untuk handphone kalian
  • Tiak bisa update sistem operasi secara OTA
setelah melakukan rooting handphone kalian tidak bisa update sistem operasi secara OTA, karena ada sistem bawaan yang telah terhapus.
  • Garansi hilang
Para Vendor akan mengira handphone yang sudah diroot adalah handphone yang sudah dirubah sistemnya oleh pengguna, sehingga dapat menghilangkan garansi..
  • Celah keamanan semakin lebar
Handphone yang sudah di root keamannya semakin lebar sehingga mudah di hack atau terkena virus karena menyisipkan sistem modifikasi dari luar.
  • Dapat menurunkan performa
Menambahkan sistem dari luar setelah diroot akan menjadi masalah untuk handphone kalian, karena terlalu bnayak tweak atau tweak tidak cocok dengan handphone kita.

Semoga bermanfaat artikel ini....😊😊😊😊😊

mahesadroid's
mahesadroid's Mahesadroid's adalah tempat berbagi pengalaman tutorial seputar android. Tips dan trik serta beberapa penyelesaian permasalahan yang sering terjai pada Android, Networking, Flashing dan Komputer.

Post a Comment for "Apa Kelebihan dan Kekurangan Root HP?"