Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menambah ram hingga 6GB di semua android with SWAP

Cara menambah ram xiaomi tanpa memory card class 1o all xiaomi miui 7,8,9,10,11 DAN SEMUA ANDROID MERK DAN TYPE.

Pada android smartpkone sebenarnya sudah tertanam memory swap, dimana swap internal belum diaktifkan dari pabrikan.
Untuk aktifkan swap ram pada partisi memori di emmc os android memerlukan ijin akses root akar disebuah operasi system, dengan akses root kita bisa modifikasi system dan juga aktifkan memory swap pada system.

RAM dan aplikasi, ibarat jalandengan mobil maupun motor. Untuk bisa menampung banyak kendaraan berjalan sekaligus, kita membutuhkan jalan yang lebih luas. Aplikasi aplikasi chatting dan social media adalah salah satu kumpulan  aplikasi yang biasanya akan selalu mengonsumsi RAM secara continue..

Selain pilihan membeli device dengan RAM yang  besar, kita bisa mencoba cara yang lebih murah dengan menggunakan swap ram..

1. SWAP RAM

Cara kerja swap ram adalah , ram cadangan atau bagian ,dimana swap akan bekerja jikalau ram utama yang terbaca pada hp akan habis atau mendekati penuh/ 100%.

Swap ram bisa kita deteksi pada hp dengan aplikasi memory disk info, jadi swap tidak akan terbaca pada spesifikasi hp aslinya, meskipun swap 100% bekerja .
Kita hanya merasakan hp akan lebih ringan meskipun menjalankan banyak aplikasi, karena ram akan terbagi yaitu pada memory swap yang berada pada folder system android..

Membuat swap bisa kita lakukan sendiri jika pada operasi system belum terbentuk.
Kapasitas swap yang kita buat adalah kapasitas memory dari sisa file system dan ram, jadi bisa kita tentukan sendiri dengan melihat keadaan atau sisa memory pada device itu sendiri.

2. SWAP RAM dengan ram expander

Selain tutorial yang saya sampaikan, kawan semua juga bisa  mencoba cara yang lebih murah dengan menggunakan aplikasi seperti RAM expander.

Cara ini intinya menjadikan kartu memori kita sebagai bagian dari RAM. Secara kinerja memang cara ini tidak bisa menjadi solusi total, karena bagaimanapun kecepatan kartu memory eksternal tidak akan secepat RAM asli.

#kesimpulan

Jadi jelas berbeda cara membuat swap ram yang saya sampaikan dibandingkan dengan bantuan aplikasi ram expander, karena ram expander melibatkan atau bekerja di kartu sd, jadi kecepatan kinerja ram bergantung dari kecepatan maupun kualitas sdcard itu sendiri.
Kedua trik diatas tentunya membutuhkan akses root penuh baik itu swap ram internal maupun swap ram dengan menggunakan ram expander.

Dalam video ini hanya praktek langsung cara yang pertama, karena menurut mahesa cara pertama lebih efisien dibanding cara ke 2, Saya katakan lebih efisien karena disini kita tahu memory yang tertanam atau ic hp sangatlah bagus kualitasnya jadi tentunya juga mempengaruhi kecepatan dan kinerja ram yang akan kita swap.

Untuk lebih jelasnya simak pada video dibawah ini yaitu cara swap ram hp android.

Sekian dan semoga bermanfaat.
Tinggalkan komentar Dimas Diajeng jika ada ide, kritik dan saran yang sifatnya lebih untuk membangun dan menambah ilmu pengetahuan kita Semua.
mahesadroid's
mahesadroid's Mahesadroid's adalah tempat berbagi pengalaman tutorial seputar android. Tips dan trik serta beberapa penyelesaian permasalahan yang sering terjai pada Android, Networking, Flashing dan Komputer.

Post a Comment for "Cara Menambah ram hingga 6GB di semua android with SWAP"