Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jaringan Komputer

Pengertian, Manfaat dan Macam-Macam Jaringan Komputer 

Kata yang tidak asing lagi ditelinga kita yaitu “Jaringan komputer”  mengingat hampir setiap hari kita melibatkan jaringan komputer dalam pekerjaan kita. Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain melalui media komunikasi atau media tranmisi sehingga dapat saling berbagi data, aplikasi maupun berbagi perangkat keras komputer.

Istilah jaringan komputer dapat diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung. Tujuan dibangunnya jaringan komputer adalah agar data atau informasi yang dibawa transmitter (pengirim) dapat sampai kepada penerima (receiver) dengan tepat dan akurat. 

Jaringan komputer memungkinkan penggunanya dapat melakukan komunikasi satu sama lain dengan cepat dan mudah. Selain itu jaringan komputer memiliki peran, peran jaringan komputer sangat diperlukan untuk mengintegrasi data antar komputer-komputer client sehingga diperoleh lah suatu data yang relevan. 

Manfaat Jaringan Komputer 

Berbicara mengenai manfaat dari jaringan komputer. Ada beberapa manfaat jaringan komputer, sebagai berikut : 

  1. Dengan jaringan komputer, kita dapat mengakses file yang kita miliki sekaligus file orang lain yang telah di sebarluaskan melalui suatu jaringan, semisal jaringan internet.
  2. Melalui jaringan komputer, kita bisa melakukan proses pengiriman data secara efisien dan cepat.
  3. Jaringan komputer sangat membantu seseorang berhubungan dengan orang lain dari berbagai negara dengan mudah. Selain itu, pengguna juga dapat mengirim ,audio,gambar, teks, maupun video secara real time dengan bantuan jaringan komputer.
  4. Kita dapat mengakses informasi atau berita dengan sangat mudah melalui internet dikarenakan internet merupakan salah satu contoh jaringan komputer.
  5. Sebagai contoh dalam suatu kantor memerlukan printer, kita tidak perlu membeli printer sejumlah dengan komputer yang terdapat pada kantor tersebut. Ketika kita membeli satu printer saja untuk digunakan oleh semua karyawan kantor tersebut dengan bantuan jaringan komputer. 

Macam-Macam Jaringan Komputer 

Pada Umumnya macam -macam jaringan komputer di kelompokkan menjadi 5 kategori, yaitu berdasarkan 

  1. jangkauan geografis, 
  2. distribusi sumber informasi/ data, 
  3. media transmisi data, 
  4. hubungan dan peran tiap komputer dalam memproses data
  5. berdasarkan jenis topologi yang digunakan 
Salah satunya yaitu kategori geografis, yang dibagi menjadi 3 macam yaitu : 
  • LAN 
LAN atau kepanjangan dari Local Area Network atau  merupakan jaringan yang hanya mencakup wilayah kecil saja, semisal warnet, kantor, atau sekolah. Umumnya jaringan Local Area Network luas areanya tidak jauh dari 1 km persegi.Biasanya jaringan LAN menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet yang mempunyai kecepatan transfer data sekitar 10, 100, bahkan 1000 MB/s. Selain menggunakan teknologi Ethernet, tak sedikit orang juga yang menggunakan teknologi nirkabel seperti Wi-fi untuk jaringan LAN.
  • MAN 
MAN atau kepanjangan dari Metropolitan Area Network  merupakan jaringan yang mencakup suatu kota dengan dibekali kecepatan transfer data yang tinggi. Jaringan MAN (Metropolitan Area Network) merupakan gabungan dari beberapa jaringan LAN.Jangakauan dari jaringan MAN (Metropolitan Area Network) berkisar 10-50 km. MAN (Metropolitan Area Network) hanya memiliki satu atau dua kabel dan tidak dilengkapi dengan elemen switching yang berfungsi membuat rancangan menjadi lebih simple. 
  • WAN 
WAN atau kepanjangan dari Wide Area Network merupakan jaringan yang jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, semisal sebuah negara bahkan benua. WAN (Wide Area Network) umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan lokal sehingga pengguna dapat berkomunikasi dengan pengguna lain meskipun berada di lokasi yang berbeda.
mahesadroid's
mahesadroid's Mahesadroid's adalah tempat berbagi pengalaman tutorial seputar android. Tips dan trik serta beberapa penyelesaian permasalahan yang sering terjai pada Android, Networking, Flashing dan Komputer.

Post a Comment for "Jaringan Komputer"