Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Keutamaan Puasa di Bulan Ramadhan

Alhamdulillah Ramadhan telah datang, sebagai seorang muslim kita harus mengilmui dahulu tentang bulan ramadhan agar ramadhan kita lebih sempurna. 

Ada beberapa keutamaan mengapa kita harus berpuasa di bulan ramadhan?. 

Apa saja keutamaan puasa di bulan ramadhan itu?

  • Menghapus dosa

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu (HR Imam Bukhari dan Imam Muslim). 

Yang di maksud dengan kalimat karena iman ini adalah meyakini puasa dan melaksanakannya. Dan pada kalimat “mengharapkan pahala” merupakan kerendahan diri untuk memohon pahala kepada Allah SWT.

Karena mengharapkan atau pamrih kepada Allah itu diperbolehkan, sedangkan mengharap kepada manusia itu menunjukkan seakan – akan menunjukkan ketidak tulusan. 

  •  Memperbanyak ketaatan. 

 Orang yang berpuasa itu mengingatkan mereka akan rasa lapar dan haus serta hausnya ahli neraka. Nah, maka dari itu berpuasa mampu mendorong kita untuk selalu menaati perintah dan menjauhi larangan Allah SWT.

  •  Mensyukuri nikmat tersembunyi. 

Manusia sering lalai akan nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, maka dengan berpuasa mampu membuat mereka mensyukuri atas segala nikmat yang di berikan oleh Allah kepada kita semua. Dari terkecil sampai nikmat terbesar. 

  • Mencegah keinginan bermaksiat. 

Orang yang kenyang, kebanyakan dari mereka akan gampang melakukan kemaksiatan, berbeda dengan orang yang lapar, mereka kan lebih fokus mencari makan dan minum khususnya untuk berbuka puasa. Maka hal ini mampu membuat mereka mengurangi berbuat maksiat.

  •  Mengangkat derajat 

 Keutamaan ini berlandaskan hadis nabi di bawah ini إِذَا جَاءَ رَمَضَانَ فُتِحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِيْنَ Artinya: ketika Ramadhan tiba, dibukalah pintu – pintu surga dan di tutuplah pintu – pintu Neraka dan setan pun di belenggu (HARI Imam Muslim). 

Maksudnya dari dibukanya pintu surga yaitu merupakan simbol atau tanda untuk memperbanyak ketaatan terutama pada hal yang diwajibkan. Kemudian pada kalimat ditutupnya pintu neraka yaitu untuk mengurangi maksiat.

sekian dari keutamaan puasa di bulan ramadhan, semoga dipertemukan lagi dengan bulan ramadhan selanjutnya..amin

mahesadroid's
mahesadroid's Mahesadroid's adalah tempat berbagi pengalaman tutorial seputar android. Tips dan trik serta beberapa penyelesaian permasalahan yang sering terjai pada Android, Networking, Flashing dan Komputer.

Post a Comment for "5 Keutamaan Puasa di Bulan Ramadhan"