Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri Partisi EMMC Rusak Failed GPT Command

Selamat Siang Mahesadroid’s ,


Bagaimana kabarnya kalian semua? Semoga baik baik saja dimanapun kalian berada.
Sudah sama sekali Mahesadroid’s tidak menulis artikel karena kesibukan admin.
Kali ini di Mahesadroid’s akan membahas ciri-ciri Partisi EMMC Rusak Zenfone 5  A500KLZ. Failed GPT Command, E: Can't, E: Failed,INVALID ARGUMEN
Recovery Or Adb Sideload: E:failed to mount /factory (Invalid arguments) E: Can't mount / cache / recovery / log E: Can not open / cache / recovery / log E: failed to mount / cache (invalid argument) 
Tapi sebelum ke permasalahan akan membahas pengertian EMMC terlebih dahulu.

eMMC adalah kepanjangan dari Embedded Multi-Media Controller, sebuah media penyimpanan yang berkecepatan tinggi dan sebagai modul controller, dimana mendia penyimpanan dan media controller itu terdapat dalam satu chip. Teknologi eMMC belum lama dikembangkan, sebelum menggunakan eMMC diperlukan controller khusus untuk membaca dan menulis data yang dikontrol dengan CPU dan di simpan dalam satu tempat sehingga kinerja CPU terkuras lebih banyak. Seiring perkembangan, kemungkinan penuhnya penyimpanan akan semakin penuh, dan ketika sudah penuh, kinerjanya sendiri akan semakin menurun, maka dari itu eMMC dikembangkan sebagai metode standar untuk building controller, artinya pengontrolan penyimpanan dilakukan oleh eMMC itu sendiri, tidak mengandalkan dari CPU lagi.

Penyebab ic emmc menjadi rusak karena banyak faktor,kebanyakan karena kesalahan pengguna,seperti:
  1. faktor charger hp samsung galaxy terlalu lama lebih dari 4 jam setelah penuh.kebiasaan buruk pengguna hp android sebelum tidur malam hp di charger sampai pagi bangun tidur baru di cabut.bukan hanya bisa merusak ic emmc saja,over charger juga bisa membuat daya tahan baterai cepat menurun.
  2. os android hp android di oprek atau di modif sehingga tidak kompetibel dengan partisi yang asli,efek oprek os akan terasa kerusakan emmc setelah 2-3 bulan,(oprek modif seperti install paksa firmware yang bukan untuk hp android tersebut dan banyak lagi)
  3. hp sering dimatikan dengan cara copot baterai langsung juga bisa menyebabkan ic emmc hp android kita cepat rusak,oleh karena itu jika ingin ganti sim atau memori card di perlukan copot baterai terlebih dahulu,silahkan matikan hp terlebih dahulu,setelah hp benar-benar sudah mati baru copot baterai hp android.
  4. efek install ulang/flashing firmware berulang kali-install ulang hanya di perbolehkan jika hp android kita memiliki kerusakan atau error pada sistem,jika anda seri gonta ganti os dengan melakukan install ulang terus menerus ini efek jangka panjangnya emmc menjadi rentan rusak.
Ciri-ciri awal ic emmc hp android mulai mengalami kerusakan ringan
  1. hp android sering hang/gleg/stuck ketika buka aplikasi kecil,padahal anda tidak membuka banyak aplikasi,tapi hp android anda terasa sangat lemot dan selalu hang.jika ciri-ciri ini sudah muncul berarti kerusakan emmc sudah hampir 80%.
  2. ketika kita gunakan hp untuk bermain game atau chat sering muncul notifikasi notifikasi sorry the prosess android acore has stopped unexpectedly,
  3. ketika chat atau main game hp android sering tertutup sendiri atau force close dengan notifikasi unfortunetel,force closes has stoped,jika terus muncul notifikasi seperti ini berarti umur ic emmc hp android anda sudah dekat alias kerusakan mulai parah.
Tips jika mengalami ciri-ciri diatas dari pada sudah rusak total ic emmc hp android anda gunakan,lebih baik matikan hp lalu jual bekas secepatnya,karena hp tersebut masih layak pakai tapi umur emmc nya sudah mau habis alias emmc rusak total. Jika di paksa pakai 2-3 bulan kedepan ic emmc akan muncul kerusakan total yaitu seperti :
  1. ic emmc sudah sampai kerusakan 100% hp bootloop ,ketika kita masuk ke recovery mode akan muncul robot android rusak dan tulisan merah notifikasi jika space internal memori tidak tersedia atau terbaca.
  2. mulai bootloop ,biasa di tahap awal bootloop masih bisa di install ulang menggunakan komputer.
  3. ketika emmc mulai parah dan bootloop akan terjadi setelah 1-3 minggu dari penginstall di terakhir,mulai muncul flashing atau install ulang gagal,harus beberapa kali install ulang baru berhasil.
Apabila sudah menemukan masalah seperti diatas bisa di pastikan kerusakan ic emmc anda sudah di tahap akhir, tidak bisa di reset dan tidak bisa di install ulang firmware, sehingga hp anda dari matot atau bootloop sepenuhnya.

mahesadroid's
mahesadroid's Mahesadroid's adalah tempat berbagi pengalaman tutorial seputar android. Tips dan trik serta beberapa penyelesaian permasalahan yang sering terjai pada Android, Networking, Flashing dan Komputer.

Post a Comment for "Ciri-ciri Partisi EMMC Rusak Failed GPT Command"